Senin, 24 September 2012

Pengalaman Berkomentar Ria di Blog Pribadi

Filled under:

Salah satu aktifitas dari nge-blog adalah berkunjung ke blognya blogger lain alias blogwalking. Aktifitas blogwalking ini sangat bermanfaat bagi blogger yang baru mulai terjun di dunia per-blogging-an yang tujuan utamanya adalah tak lain untuk mengenalkan blog kepunyaan masing-masing.

Blogwalking bisa juga disebut dengan beriklan karena selain memperkenalkan alamat blog anda pada khalayak ramai, juga memperkenalkan blog anda pada search engine yang akan memberikan anda trafik.

Bagi saya yang sudah beberapa tahun menekuni dunia blogging ini, tujuan blogwalking adalah mempererat tali silaturahmi dengan teman sesama blogger, mendapatkan ide baru (baik ide posting maupun ide bisnis) dan juga sebagai penghilang rasa lelah setelah seharian gawe online.

(image from stockvault)

Apa saja sih pengalaman saya berkomentar ria di blog-blog pribadi?

Pengalaman yang mengasikkan

Tak bisa dipungkiri awal tahun 2008 adalah awal berjayanya blog sebagai social media jauh sebelum demam facebook dan twitter. Pada masa itu berkunjung ke blog seleb (blog yang sering dikunjungi dan memiliki banyak komentar) adalah suatu keharusan. Tujuannya agar mendapatkan teman baru dari pembaca blog seleb itu dan kadang kalau beruntung dikunjungi balik oleh blogger seleb itu sendiri.

Pada masa itu nama-nama seperti Cosa aranda, Bayu mukti, Oom, Zalukhu, Cakwid dan Putra eka (pede mode : on) sangat tenar dibidang bisnis online. Setiap posting yang mereka buat selalu mendapatkan respon yang signifikan.

Pada masa ini pulalah saya mendapatkan banyak teman-teman blogger, walaupun hampir tidak pernah bertemu secara langsung tapi persahabatan kami terjalin erat. Bahkan beberapa hubungan saya dengan beberapa blogger generasi ini masih terjalin hingga sekarang.

Kekompakan pun sangat terasa tatkala beramai-ramai mengikuti kontes SEO, kontes review dan bahkan kontes banner. Hal inipun juga terasa sewaktu memprotes salah satu portal infotainment yang mengadakan lomba review karena disebabkan oleh pengumuman yang tidak transparan bahkan cenderung kearah penipuan.

Pengalaman yang kurang menarik

Hampir semua hal dalam blogging itu menarik hanya beberapa hal kecil yang kadang mengganggu aktifitas blogging seperti saat berkomentar panjang lebar tapi setelah klik submit di form komentar internet mengalami gangguan dan komentar yang sudah ditulis itupun lenyap. Lemes...

Hal yang sama juga terjadi ketika saya mengunjungi blog di blogspot (seperti blog ini), ketika sudah ingin menuangkan ide dan saran atas artikel tersebut form captcha-nya bermasalah (tidak bisa discroll). Lemes lagi..

Secara keseluruhan aktifitas blogging itu sangat mengasikkan dan tentunya positif. Karena selain mendapatkan ilmu baru, kita juga bisa mendapatkan ide bisnis baru dan bahkan uang secara online. Oleh karena itulah sampai saat ini saya masih betah menjadi seorang blogger yang "matre".

Posted By Putra Eka21.25

Selasa, 18 September 2012

Ko Hilang di Search Result Google?

Filled under:

Waktu sehari setelah bikin posting pertama, saya cek langsung terindex di google. Sekarang ko hilang semua? Muncul seperti ini :


Ini gara-gara apa yak? Ada yang tau?

Posted By Putra Eka21.22

Sabtu, 15 September 2012

Ketika Komentar Bukanlah Sekedar Komentar

Filled under:



Dari tahun 2007 saya mulai mengenal blogging sampai saat ini, kegiatan yang selalu dilakukan adalah meninggalkan komentar di blog yang telah disinggahi. Selama berkomentar itu pula saya mendapati berbagai jenis macam tipe komentar mulai dari komentar yang sangat panjang lebar sampai komentar yang cuma satu atau beberapa kata seperti "mantap", "great article", "terima kasih untuk sharingnya" trus waktu jaman lagi gila-gilanya menjadi "pertamax" :)

Komentar blogger luar dan blogger Indonesia

Ada perbedaan yang menurut saya sangat mencolok antara komentar blogger luar negeri sana dengan blogger tanah air seperti kita ini. Rata-rata komentar yang mereka utarakan sangat bermanfaat dan bisa menjadi pelengkap artikel dari si empunya blog, kadang komentar mereka merupakan pertanyaan yang menurut saya lebih advanced dari artikel yang di-share.

Jawaban dari si empunya blog sangat detail dan tak jarang mereka dengan sabar menjawab satu persatu pertanyaan yang di lempar oleh pengunjung blog.

Bagaimana dengan komentar blogger-blogger dalam negeri? Dari sekian banyak blog yang saya kunjungi dan juga komentar yang saya dapati di blog saya sendiri. Komentar dari blogger dalam negeri cenderung pendek, ringkas, singkat dan padat :)

Tak terkecuali saya ketika berkomentar di blog sesama blogger Indonesia, saya juga sangat sering meninggalkan komentar singkat.

Apa yang terjadi?

Menurut pandangan saya, komentar yang singkat itu seringkali disebabkan kurangnya niat membaca artikel tersebut (malas -red) atau hanya karena ingin membalas balik komentar teman blogger tersebut (orang Indonesia kan katanya punya tenggang rasa yang tinggi)

Atau bisa juga terjadi karena niatnya hanya untuk meninggalkan jejak atau link untuk mengejar popularitas. Menurut blogger penganut paham ini popularitas bisa dicapai dengan menjadi komentator pertama yang tampil diposting terbaru, dengan itu setiap pembaca (yang pastinya rame) yang rampung membaca artikel menemukan blog mereka pertama sekali di kolom komentar.

Popularitas ini juga bisa diartikan link popularity/link authority/backlink yang bertujuan untuk meningkatkan rangking di mesin pencari terutama Google. Oleh karena itu tak jarang kolom nama pengomentar (tukang komentar) bukan nama seseorang melainkan keyword yang dikejar untuk menaikkan rangking halaman web atau blog yang mereka promosikan.

Hal ini pernah saya lakukan waktu awal tahun 2010 sebelum scrapebox sangat popular dan membuat Google mengeluarkan jurus panda dan penguin yang membuat cara ini kurang berhasil (apalagi kalau manual - capek euy)

Fenomena komentar pembaca portal Detik.com

Sudah lama saya ingin mengutarakan hal ini, sebagai pengunjung regular website Detik.com yang tujuannya melihat berita bola terbaru. Saya sering bahkan sangat sering menjumpai komentar yang sangat tidak berbobot.

Hampir 90 persen isi komentar dari berita di detikSport berupa ejekan, cemoohan antara satu supporter sebuah klub dan klub lainnya. Ini menunjukkan bahwa para komentator belum dewasa (atau memang pengunjungnya masih anak-anak semua ya?)

Bagaimana sebaiknya berkomentar?

Sebelum itu kita perlu mengingat kembali bahwa apapun yang kita lakukan semuanya tercatat dan akan dipertanggungjawabkan di hari akhir nanti. Dengan mengingat hal tersebut maka apapun yang akan kita lakukan akan lebih terjaga dari hal-hal yang tidak berguna. Dengan meresepi dan mempraktekkannya dengan berkomentar dengan baik dan kalau bisa memberikan nilai tambah baik bagi pemilik blog/website/portal/forum yang dikomentari.

Satu hal penting lainnya yang perlu digarisbawahi adalah segala sesuatu intinya ada pada niat. Kalau niat ingin berkomentar dengan baik maka dengan sendirinya hal-hal baik yang akan keluar, seperti solusi, menambah tali silaturahmi dan hal-hal baik lainnya. Bukan membuat onar dan perpecahan dengan membuat komentar yang menyudutkan atau bersifat mencomooh.

Semoga ada manfaatnya

(image by premasagar)


Posted By Putra Eka13.28

Jumat, 14 September 2012

Welcome to Putra Eka blog on Blogger

Filled under:

xpro Mcdonalds Welcome 

Kelupaan atau emang udah ada yang registrasi duluan nama blog putraeka.blogspot.com udah ada yang ambil dan saya lihat sampai sekarang masih kosong. Mau ga mau ya saya tambahin huruf "a" jadinya putraekaa.blogspot.com lumayan lah dari pada ga ada sama sekali.

Ada beberapa akun personal sosial media saya yang menggunakan username : putraekaa selain menggunakan username : marunduri (marga saya, *salah satu marga di Nias)

Post ini dibuat untuk wanti-wanti ajah kalo nanti ga keisi sama sekali, soalnya saya jarang sekali bikin posting di blog PutraEka.org apalagi nantinya di blog ini. Tapi mudah2an enggak.

Coba blogger ini punya fasilitas kek tumblr jadinya bisa repost gambar, film atau artikel bermanfaat. Jadinya ga capek bikin posting sendiri.. :)

Eh, tumblr saya putraeka.tumblr.com yah, sapa tau ajah yang punya akun tumblr mau ngefollow.. :)

Ok deh sekian dulu yak

Posted By Putra Eka13.34