Senin, 24 September 2012

Pengalaman Berkomentar Ria di Blog Pribadi

Filled under:

Salah satu aktifitas dari nge-blog adalah berkunjung ke blognya blogger lain alias blogwalking. Aktifitas blogwalking ini sangat bermanfaat bagi blogger yang baru mulai terjun di dunia per-blogging-an yang tujuan utamanya adalah tak lain untuk mengenalkan blog kepunyaan masing-masing.

Blogwalking bisa juga disebut dengan beriklan karena selain memperkenalkan alamat blog anda pada khalayak ramai, juga memperkenalkan blog anda pada search engine yang akan memberikan anda trafik.

Bagi saya yang sudah beberapa tahun menekuni dunia blogging ini, tujuan blogwalking adalah mempererat tali silaturahmi dengan teman sesama blogger, mendapatkan ide baru (baik ide posting maupun ide bisnis) dan juga sebagai penghilang rasa lelah setelah seharian gawe online.

(image from stockvault)

Apa saja sih pengalaman saya berkomentar ria di blog-blog pribadi?

Pengalaman yang mengasikkan

Tak bisa dipungkiri awal tahun 2008 adalah awal berjayanya blog sebagai social media jauh sebelum demam facebook dan twitter. Pada masa itu berkunjung ke blog seleb (blog yang sering dikunjungi dan memiliki banyak komentar) adalah suatu keharusan. Tujuannya agar mendapatkan teman baru dari pembaca blog seleb itu dan kadang kalau beruntung dikunjungi balik oleh blogger seleb itu sendiri.

Pada masa itu nama-nama seperti Cosa aranda, Bayu mukti, Oom, Zalukhu, Cakwid dan Putra eka (pede mode : on) sangat tenar dibidang bisnis online. Setiap posting yang mereka buat selalu mendapatkan respon yang signifikan.

Pada masa ini pulalah saya mendapatkan banyak teman-teman blogger, walaupun hampir tidak pernah bertemu secara langsung tapi persahabatan kami terjalin erat. Bahkan beberapa hubungan saya dengan beberapa blogger generasi ini masih terjalin hingga sekarang.

Kekompakan pun sangat terasa tatkala beramai-ramai mengikuti kontes SEO, kontes review dan bahkan kontes banner. Hal inipun juga terasa sewaktu memprotes salah satu portal infotainment yang mengadakan lomba review karena disebabkan oleh pengumuman yang tidak transparan bahkan cenderung kearah penipuan.

Pengalaman yang kurang menarik

Hampir semua hal dalam blogging itu menarik hanya beberapa hal kecil yang kadang mengganggu aktifitas blogging seperti saat berkomentar panjang lebar tapi setelah klik submit di form komentar internet mengalami gangguan dan komentar yang sudah ditulis itupun lenyap. Lemes...

Hal yang sama juga terjadi ketika saya mengunjungi blog di blogspot (seperti blog ini), ketika sudah ingin menuangkan ide dan saran atas artikel tersebut form captcha-nya bermasalah (tidak bisa discroll). Lemes lagi..

Secara keseluruhan aktifitas blogging itu sangat mengasikkan dan tentunya positif. Karena selain mendapatkan ilmu baru, kita juga bisa mendapatkan ide bisnis baru dan bahkan uang secara online. Oleh karena itulah sampai saat ini saya masih betah menjadi seorang blogger yang "matre".

0 komentar:

Posting Komentar